Jumat, 19 Agustus 2011

Tips Untuk Membangun Komunitas Blog Anda

Sebagai blogger, Anda tentunya ingin memiliki pembaca reguler yang saling berinteraksi dengan Anda dan atau pembaca lainnya, bukan? Ya, inilah yang disebut komunitas blog Anda. Selain menghidupkan blog Anda dengan memberikan komentar, komunitas blog juga bisa membantu Anda dalam beragam bentuk.

Hal karena ada ikatan emosional dan rasa memiliki terhadap blog Anda. Misalnya saja, pembaca blog Anda merekomendasikan blog Anda kepada orang lain. Bahkan, pembaca blog Anda mempromosikan produk Anda tanpa diminta.

Bagaimana membangun komunitas blog? Di bawah ini adalah tujuh tipsnya:

1. Mulai dengan komentar

Bagian komentar adalah tempat pertama Anda membangun komunitas blog. Kunci untuk membangun komunitas pada bagian ini adalah:

* Ajukan pertanyaan pada postingan sehingga pembaca terpicu untuk menjawabnya di bagian komentar.
* Balas komentar pembaca
* Permudah pembaca dalam berkomentar (misalnya tanpa captcha)
* Fasilitasi postingan terbaru saat mereka berkomentar (gunakan plugin CommentLuv jika Anda menggunakan wordpress)

2. Buat postingan berorientasi pembaca

Tunjukkan bahwa Anda memperhatikan pembaca blog Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan:

* Memposting jawaban pertanyaan yang diajukan pembaca via komentar, email, dan twitter
* Membuat postingan yang melink ke postingan pembaca blog Anda
* Menampilkan komentar pembaca yang Anda rasa menambah nilai pada topik yang sedang Anda bahas.
* Postingan wawancara dengan pembaca blog Anda.

3. Buat poling, quiz, atau kontes interaktif

Poling adalah untuk mengajak pembaca berpartisipasi menentukan pilihannya pada topik yang Andabahas. Adapun kontes adalah sebagai tali asih persahabatan antara Anda dengan pembaca. Pakde Cholik merupakan salah satu blogger yang rajin melakukan cara ini. Contohnya, Anda bisa menyimak dan berpartisipasi pada Opini Anda Dalam Rangka Setahun Blog Camp.

4. Undang pembaca untuk berbagi

Cara yang umum adalah dengan undangan menjadi blogger tamu. Cara lainnya adalah dengan mengundang mereka untuk mengirimkan tulisan yang ada di blognya, foto mereka, kisah mereka, atau yang lainnya. Sebagai gambaran, silakan simak contohnya Apa Postingan Terpopuler Anda di Tahun 2009?

5. Beri masukan kepada pembaca

Masukan ini bisa berupa kritik atau saran agar pembaca lebih baik lagi. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menghubungi mereka via email, telepon, chatting, dan sebagainya.

6. Beri pekerjaan kepada pembaca

Pekerjaan ini bisa ada biayanya atau tidak. Pekerjaan berbiaya misalnya meminta pembaca untuk membuatkan tulisan job paid review yang Anda peroleh, logo, sampul buku, dan sebagainya. Adapun pekerjaan tanpa biaya antara lain juri kontes yang akan Anda lakukan.

7. Rendah Hati

Sudah umum diketahui bahwa orang yang rendah hati akan disukai banyak orang. Oleh karena itu, Anda harus rendah hati dalam mengelola blog, meskipun Anda adalah pakar di bidang tertentu. Bentuknya antara lain bekerja sama dengan blogger lain, menerima tukaran link tanpa syarat, blog walking, membalas email pembaca, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar