Jumat, 19 Agustus 2011

Bagaimana Desain Iklan Google Adsense yang Memberikan CTR Tinggi

Pada postingan saya sebelumnya, Gus Adit dari Dunia Komputer menanyakan hal berikut: “Bagaimana desain iklan yang bagus buat Google Adsense?” Dalam pemahaman saya, arti kata bagus dari pertanyaan ini adalah click through rate (CTR) tinggi (biasanya > 3 %) sehingga memberikan penghasilan yang tinggi pula.

Karena saya belum berhasil dalam Google Adsense, maka untuk menjawabnya saya mengutip tips dari Daniel Scocco (salah satu blogger favorit saya). Secara kebetulan, saat saya membaca-baca RSS feed Problogger beberapa hari lalu, saya menemukan tulisan tamu Daniel yang membahas 9 tips yang dilakukannya sehingga memperoleh $3,000 dari Google Adsense bulan ini.

Pada dasarnya, desain iklan adsense for content terdiri dari ukuran, warna, dan posisi:

1. Ukuran

Daniel merekomendasikan bahwa ukuran 336×280 large rectangle, 300×250 rectangle, 120×600 large skyscraper atau the 728×90 leaderboard adalah ukuran yang menghasilkan CTR yang bagus. Dari keempat ukuran tersebut, yang terbaik adalah ukuran 336×280.

2. Warna

Warna ini terdiri dari warna judul, teks, URL, dan latar belakang adsense. Menurut Daniel, tidak ada aturan baku untuk keempat hal ini. Dia malah menyarankan melakukan eksperimen dengan beberapa warna dan mengevaluasi hasilnya.

3. Posisi

Umumnya iklan adsense diletakkan di tubuh tulisan (awal, tengah, dan akhir), sidebar, header, footer, atau di luar blog. Dari posisi-posisi tersebut, mana yang memberikan penghasilan tinggi? Menurut Daniel, posisi yang terbaik adalah di bawah judul tulisan.

Jadi, menurut Daniel, desain iklan yang memberikan penghasilan bagus adalah iklan berukuran 336×228 dan diletakkan di bawah judul postingan. Adapun warnanya adalah relatif, bergantung hasil eksperimen masing-masing.

Apa yang saya paparkan di atas merupakan 2 tips dari 9 tips yang dipaparkan Daniel. Jika Anda ingin mengetahui tujuh tips lainnya, silakan simak di 9 Trick I Used To Tripple My Adsense Earnings in 30 Days.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar