Selasa, 23 Agustus 2011

Mana yang Terpenting Menurut Anda?

Memiliki blog sukses merupakan idaman setiap blogger. Tak heran, banyak blogger yang bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut. Bagi setiap blogger, kesuksesan ini bersifat relatif bergantung kepada target apa yang hendak diraih. Terlepas dari itu, setidaknya ada 10 indikator (ukuran) blog sukses.

Di bawah ini adalah penjelasan singkatnya.

1. Jumlah pengunjung

Apa jadinya blog bila tidak didatangi pengunjung? Bisa jadi seperti rumah angker di tengah hutan. Oleh karenanya, para blogger berjuang sekuat tenaga mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blognya. Semakin banyak pengunjung yang datang (misalnya seribu orang per hari), semakin besar peluang menarik minat pengiklan.

2. Jumlah pelanggan

Ditinjau dari jenis salurannya, ada dua jenis pelanggan yaitu pelanggan RSS feed (via Feedburner, blogline, dsb) dan pelanggan newsletter (via Aweber, iContact, dll). Para pengunjung blog secara suka rela berlangganan RSS feed karena merasa konten blog yang dikunjunginya sangat bermanfaat sehingga ia ingin mengetahui postingan selanjutnya tanpa perlu bolak-balik untuk mengetahui postingan terbaru di blog tersebut.

Sementara itu, pelanggan newsletter berlangganan karena tertarik dengan eBook, software, atau tools yang dibagikan secara gratis.

Terlepas dari topik yang dibahas, jumlah pelanggan RSS yang banyak mengindikasikan bahwa konten suatu blog sangat bermanfaat. Hal yang sama berlaku pula untuk jumlah pelanggan newsletter.

3. Jumlah postingan asli

Jumlah postingan asli menunjukkan produktivitas dan profesionalisme tinggi pengelola blog. Mengapa? Banyak blogger yang melakukan copy paste dan mencuri tulisan blogger lain (via AGC). Mereka ini tidak produktif dan tidak profesional, bukan?

4. Jumlah komentar

Dengan mengecualikan sistem komentar do follow, jumlah komentar menunjukkan seberapa tinggi pengunjung merespon topik tulisan. Semakin menarik atau kontroversial sebuah tulisan, maka semakin banyak pula komentar yang didapat.

5. Jumlah fans di Facebook Page

Facebook Page adalah jembatan antara facebooker dan blogger. Jika seorang facebooker menekan tombol suka, maka link postingan terbaru akan muncul di akunnya. Seperti halnya jumlah pelanggan, semakin banyak fans menunjukkan bahwa semakin bermanfaat konten blog bersangkutan.

6. Jumlah tweet

Selain Facebook, Twitter merupakan jejaring sosial yang banyak digunakan sekarang ini. Para pengguna Twitter dimanjakan oleh fasilitas tweet yang terpasang di blog. Jika ia merasa postingan yang dibacanya sangat bermanfaat dan menarik, maka ia akan sukarela menekan tombol tweet dengan harapan postingan tersebut diketahui oleh para pengikutnya. Lagi, semakin banyak tweet, semakin berkualitas dan berkualitas tulisan tersebut.

7. Page rank

Page rank yang tinggi meningkatkan gengsi blog baik di mata blogger ataupun pengiklan. Banyak blogger yang ingin bertukaran link dengan blog yang berpage rank tinggi agar page rank blognya naik juga. Bagi para pengiklan, blog berpage rank tinggi adalah sasaran untuk membeli text link ads.

8. Alexa Rank

Indikator ini hampir mirip dengan page rank. Semakin tinggi alexa rank (misalnya di bawah 50 ribu), semakin bergengsi pula blog bersangkutan.

9. Jumlah backlink

Seperti halnya jumlah pelanggan, fans Facebook, dan tweet, jumlah backlink berkaitan erat dengan kualitas konten. Banyak blogger yang mem-back link tulisan orang lain karena merasa tulisan tersebut akan bermanfaat bagi pengunjung blognya. Oleh karena itu, semakin banyak backlink, semakin bagus.

10. Uang

Semakin banyak uang yang dihasilkan semakin nyaman bagi sang blogger. Dalam mendapatkannya, ada blogger yang menggunakan cara elegan dan ada juga yang sebaliknya. Cara elegan dilakukan dengan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, tidak melanggar hak cipta, tidak melakukan black-hat, dan sejenisnya.

Sumber Informasi : Judul Skripsi

Semoga Membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar