Jumat, 19 Agustus 2011

5 Tips Sederhana Agar Blog Baru Anda Terindeks Google dalam 24 Jam

Agar mendapat pengunjung dari mesin pencari, blog wordpress baru harus terindeks oleh mesin pencari, misalnya Google. Lebih cepat terindeks di Google, lebih baik bagi blog baru karena peluang mendapat pengunjung dari semakin terbuka.

Bagaimana caranya agar blog wordpress baru terindeks dalam 24 jam? Di bawah ini adalah 5 tips yang saya lakukan sehingga semua blog baru saya terindeks dalam 24 jam. Kelima tips ini dilakukan sesuai urutannya.

Sebelum ke lima tips di bawah, bagaimana cara Google mengindeks blog baru? Pertama, laba-laba Google (google spiders/bots) menemukan blog baru dari link-link eksternal yang ada di situs atau blog yang sudah terindeks, saat laba-laba tersebut meng-crawl situs atau blog bersangkutan. Setelah menemukannya, laba-laba tersebut akan memasukkan data URL yang ada di blog baru.
Tips agar terindeks Google

1. Tulis minimal 3 postingan yang bukan tulisan copy paste.

Postingan original sangat disukai Google karena unik dan belum ada di database yang mereka punyai. Dengan demikian, luangkan waktu Anda untuk mencari referensi yang dibutuhkan untuk menulis postingan original. Apakah artikel tersebut harus ada internal link-nya? Saya pikir tidak mesti. Saya sendiri membuat 3 postingan tanpa internal link. Namun, jika Anda ingin membuat internal link di setiap postingan, itu tidak menjadi masalah.

2. Daftarkan ketiga tulisan tersebut ke Lintas Berita.

Lintas Berita terupadate oleh artikel-artikel baru yang dikirimkan anggotanya. Dengan demikian, Google akan sering meng-crawl situs sosial bookmark tersebut. Pada saat crawl itulah, laba-laba Google akan menemukan link artikel yang Anda daftarkan.

3. Berkomentar di blog do follow.

Beri satu atau lebih komentar di blog do follow. Salah satu blog do follow yang bisa Anda komentari adalah Blogguebo.

4. Backlink dari blog berpage rank yang Anda miliki.

Jika Anda punya blog lain yang berpage rank, buat sebuah postingan yang melink ke postingan atau home page blog baru Anda.

5. Verifikasi dan daftarkan sitemap ke Google.

Verifikasi bisa dilakukan dengan meta tag. Jika Anda belum familiar dengan hal ini, silakan simak tahapannya di Cara verifikasi wordpress dengan meta tag. Untuk mendaftarkan sitemap, Anda harus membuat sitemap XML terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan plugin Google XML Sitemaps. Pada settingan plugin ini, klik petunjuk build the site.

Apakah kelima tips tersebut bisa membuat blog baru Anda terindeks di Google dalam 24 jam? Untuk mengetahuinya, sehari setelah Anda melakukan kelima tips di atas, silakan ketikan di Google kode site:nama domain Anda. Jika muncul di hasil penelusuran google, berarti blog Anda sudah terindeks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar