Jumat, 19 Agustus 2011

3 Cara Menampilkan Postingan Pilar Anda kepada Pengunjung Baru

Seperti Anda ketahui, pengunjung blog terdiri dari pengunjung lama dan pengunjung baru. Pengunjung lama adalah mereka yang berlangganan RSS, melakukan bookmark, atau yang mengingat blog Anda. Adapun pengunjung baru adalah mereka yang datang dari mesin pencari atau situs pengarah seperti forum, social bookmarking, atau blog lain.

Seiring berjalannya waktu, saya yakin Anda telah membuat beberapa postingan pilar. Secara default, postingan ini akan keluar dari sesi postingan terbaru karena tergantikan oleh postingan berikutnya, dan akhirnya terbenam di arsip. Bagaimana caranya agar postingan pilar (terbaik) Anda bisa diketahui pengunjung baru? Di bawah ini adalah 3 caranya.

1. Sesi Postingan Terpopuler

Yang saya maksudkan postingan terpopuler adalah postingan yang paling banyak dilihat atau dikomentari. Sesi ini bisa dibuat secara otomatis (misalnya menggunakan plugin) atau secara manual (menggunakan html dan widget teks).

Biasanya sesi ini ditempatkan di sidebar, namun ada juga yang menempatkannya di header, footer, dan di bawah postingan (sebagai pengganti postingan terkait).

2. Sesi Postingan terbaik

Postingan terbaik dipilih berdasarkan selera pemilik blog. Umumnya, postingan ini dibuat di halaman khusus (misalnya Top 10, Top 50, dan sebagainya). Namun, ada juga yang membuatnya di sidebar dan dinamai Recommended Posts, Best Articles, dan sebagainya.

3. Sesi Roundups atau Highlight Postingan

Roundups adalah postingan pilihan berdasarkan waktu tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa membuatnya mingguan, bulanan, kuartal, dan bahkan tahunan. Jika Anda belum tahu keuntungan roundups, silakan simak di 4 keuntungan menyajikan roundups posts. Adapun contohnya Anda bisa lihat highlight postingan November 2009.

Yakinkan bahwa ketiga cara di atas diletakkan dengan baik dan dengan link yang jelas. Dengan demikian, pengunjung baru akan mudah menemukan dan membacanya, sehingga peluang page views blog Anda meningkat semakin terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar